Kekhawatiran Akan Terjadinya Resesi Global Menyeret Harga Minyak dan Emas Jatuh Tajam

Peluang : Bearish Open Sell : 1649.00 Target Profit : 1625.00 Stop Loss : 1655.00 Estimasi Profit/Lot : $ 2400

Analisa Fundamental 


Emas kembali melemah dan menembus support utama di level 1650 an, dan tutup di kisaran 1642 pada akhir pekan lalu. Emas melemah bukan saja karena respon para investor akan kebijakan hawkish The Fed pasca hasil dari FOMC Meeting, karena sebenarnya hasil itu sudah diprediksi. Namun tekanan emas lebih besar akibat kekhawatiran terhadap turunnya demand terhadap komoditi akibat perlambatan ekonomi, menyusul kenaikan suku bunga yang diterapkan oleh bank sentral. Sektor komoditi menjadi sector yang paling banyak mendapat tekanan, dimana harga minyak saat ini berada di bawah level $80/barrel. Terlebih bahwa perlambatan ekonomi ini memang sudah diprediksi oleh The Fed, dan dalam pidatonya Powell menegaskan bahwa walaupun ada potensi perlambatan ekonomi, namun The Fed tetap akan memprioritaskan pengendalian inflasi.

 

Analisa Teknikal

Emas mengakhiri pekan lalu dengan membetnuk long bearish candle yang nampaknya berpotensi untuk kembali mengetas level support, dan sudah berhasil menyentuh mendekati level 1625 pagi ini. Candles stick masih berada di bawah MA yang belum ada tanda – tanda pembalikan momentum. Namun waspadai kondisi oversold yang ditunjukkan oleh RSI. Hari ini emas diprediksi bergerak di kisaran 1625 – 1655.


image.png

DISCLAIMER: KONTEN ARTIKEL INI HANYA BERSIFAT SPEKULATIF DAN TIDAK MENJAMIN. PASTIKAN BATAS RISIKO YANG BISA ANDA TANGGUNG SEBELUM EKSEKUSI PASAR.