Emas Melanjutkan Trend Bearish Setelah Menembus Level 1680, Akibat kekhawatiran Turunnya Demand Komoditi Global

Peluang : Bearish Open Sell : 1674.00 Target Profit : 1655.00 Stop Loss : 1680.00 Estimasi Profit/Lot : $ 1900

Analisa Fundamental

Harga emas turun tajam dan mencapai level terendah hampir 2,5 tahun di kekhawatiran ekonomi global yang mengancam permintaan untuk sektor komoditas seperti emas. Komentar kebijakan moneter hawkish baru-baru ini dari pejabat bank sentral didukung data inflasi yang kembali tinggi membuat Index Dollar kembali naik ke level 109.70 an. Pedagang fokus pada pertemuan FOMC minggu depan, yang diprediksi The Fed menaikkan suku bunga utama sebesar 0,75% dalam upayanya untuk menekan inflasi yang tinggi. Pelaku pasar memperhitungkan kebijakan moneter yang lebih ketat dari sebagian besar bank sentral utama dunia akan semakin memperlambat pertumbuhan ekonomi global yang pada gilirannya akan mengurangi permintaan konsumen dan komersial untuk logam. Sementara itu data Retails Sales Amerika keluar 0.3% semalam, angka ini di atas ekpektasi sebesar 0.1%.

 

Analisa Teknikal

Grafik harian XAUUSD akhirnya mengkonfirmasi pola rising wedges dan melanjutkan trend bearishnya dengan menembus support utama di level 1680.Target Support berikutnya di level 1640, namun ada pola konvergensi antara candle stick dengan RSI 11 untuk memberikan potensi rebound jangka pendek. Hari ini emas diprediksi bergerak di kisaran 1655-1680.

 

Grafik 4 jam dan harian 

image.png

image.png


DISCLAIMER: KONTEN ARTIKEL BERSIFAT SPEKULATIF DAN TIDAK MENJAMIN. PASTIKAN BATAS RISIKO YANG BISA DITANGGUNG SEBELUM EKSEKUSI PASAR.