Emas Menguat Tajam Setelah Dilirik Pelaku Pasar Sebagai Aset Safe Haven Karena Tensi Geopolitik China dan Taiwan yang meningkat

Peluang : Sideways Open Sell : 1793.00 Target profit : 1772.00 Stop Loss : 1798.00 Estimasi Profit/Lot : $ 2100

Analisa Fundamental

Harga emas naik 1,45% dalam reli satu hari terbaik dalam sekitar 4 bulan setelah koreksi di index Dollar dan penurunan di imbal hasil treasury Amerika. Pelaku pasar melakukan aksi beli emas  tidak hanya karena ketidakpastian ekonomi,  tetapi juga karena ketidakpastian geopolitik dan peningkatan risiko yang dimulai setelah Nancy Pelosi, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika tiba di Taiwan pada hari Selasa. Pembicara Pelosi adalah pejabat tinggi Amerika yang mengunjungi Taiwan dalam 25 tahun. Tak lama setelah kedatangannya, Pelosi mengatakan bahwa kunjungannya merupakan tanda “komitmen tak tergoyahkan Amerika Serikat untuk mendukung demokrasi Taiwan ”. Tanggapan China terhadap kunjungan dan pernyataan Pelosi langsung dan tegas diungkapkan tidak hanya melalui pernyataan tetapi juga dengan unjuk kekuatan militer. China mengerahkan kekuatan militernya dengan meluncurkan latihan militer terbesar di Selat Taiwan segera setelah kunjungan Pelosi. Selama latihan, China menembakkan beberapa rudal. Menurut sumber di Taiwan, China meluncurkan setidaknya 11 rudal balistik ke perairan sekitar pantai Timur Laut dan Barat Daya Taiwan.  

 

Analisa Teknikal

Dari grafik harian XAUUSD terlihat mencoba menuju resistan di MA 60, setelah dalam 5 hari berturutan mampu bertahan di atas tiga timeframe MA lainnya. Namun perlu diwaspadai kondisi divergensi antara candle dan RSI yang mulai muncul dimeframe harian, dan H1. Hari ini emas diprediksi bergerak di kisaran 1772 – 1798.

 

Grafik 4 jam dan harian 

image.png

image.png


DISCLAIMER: KONTEN ARTIKEL BERSIFAT SPEKULATIF DAN TIDAK MENJAMIN. PASTIKAN SEMUA RISIKO YANG TERLIBAT SEBELUM EKSEKUSI PASAR.