EURUSD Berpeluang Naik Ditengah Melemahnya Dollar AS, Namun Waspadai Resesi Zona Euro

Peluang : Sideways Open Buy : 1.02300 Target Profit : 1.03300 Stop Loss : 1.01600 Estimasi Profit/Lot : $ 1000

Analisa Fundamental  

Didorong oleh pelemahan dolar AS dan ekspektasi kenaikan suku bunga ECB telah menopang kenaikan EURUSD sebesar 36 pip di level 1.0260 di hari Senin. EURUSD berpeluang bergerak naik di tengah dominasi sentimen pelemahan dollar AS, khususnya setelah pasar mencerna perilisan data ISM Manufacturing PMI AS yang dirilis semalam. Meskipun hasilnya berada di level 52.8, yang mana lebih tinggi dari estimasi 52.3, namun itu masih dibawah periode sebelumnya untuk level 53.0. Sentimen lain yang dapat membebani dollar AS adalah pesan yang dovish dari Presiden Fed Minnesota Neil Kashkari pada akhir pekan yang mana dia mengatakan bahwa The Fed akan segera mulai untuk memperlambat laju suku bunga sambil menambahkan bahwa pembacaan inflasi inti yang lebih tinggi akan mendorongnya untuk mendukung kenaikan suku bunga sebesar 75 bps lagi. Fokus untuk minggu ini ada pada data Unemployment Change Spanyol yang dirilis pukul 14:00 WIB, dan data Non-Farm Payrolls yang akan dirilis pada hari Jumat pukul 7.30 malam.  

  

Analisa Teknikal  

EURUSD dibuka dengan harga naik menyentuh area resistance di level 1.0286, namun kembali turun setelah sentuh Upper Line dari Bollinger Bands. Stochastic Euro tertahan di area overbought, dan penurunan hanya berhasil menyentuh area tengah. EURUSD berpeluang dibeli selama harga tidak bergerak turun menembus area supportnya di level 1.0216, membidik resistance pertamanya lagi, namun jika berhasil ditembus maka kemungkinan akan melanjutkan kenaikannya membidik resistance keduanya di level 1.0315.

 

Grafik 4 jam dan harian 

image.png

image.png


DISCLAIMER: KONTEN ARTIKEL BERSIFAT SPEKULATIF DAN TIDAK MENJAMIN, PASTIKAN BATAS RISIKO YANG BISA DITANGGUNG SEBELUM EKSEKUSI PASAR.