Emas Masih Menguat Empat Hari Berutut – turut Seiring Dengan Index Dollar yang Juga Terkoreksi, Waspadai Harga Emas yang Sudah Menyentuh Fibo Retracement 50%

Peluang : Sideways Open Buy : 1765.00 Target profit : 1785.00 Stop Loss : 1758.oo Estimasi Profit/Lot : $ 2000

Analisa Fundamental

Emas kembali menguat dalam empat hari beruntun dan ini bersamaan dengan index dollar yang juga terkoreksi dalam empat hari berturut – turut hingga level 105.22. Koreksi di index Dollar ini mulai terjadi pasca konfrensi pers pasca penyampaian hasil FOMC Meeting minggu lalu, dimana dalam pernyataan tersebut Powell menegaskan tidak akan menyerah dalam memerangi inflasi, namun juga mengatakan bahwa kenaikan suku bunga yang besar kedepannya akan tergantung pada data. Pernyataan ini dterjemahkan pelaku pasar bahwa The Fed mulai memperhitungkan potensi perlambatan ekonomi yang mungkin terjadi. Buruknya data Advanced GDP kwartal kedua di -0.9% membuat spekulasi bahwa The Fed sudah melewati puncak agresifitasnya dalam kenaikan suku bunga.

 

Analisa Teknikal

Grafik harian XAUUSD menunjukkan emas akhirnya mampu mencapai resistan di Fibonacci retracement 50%. Emas masih ada potensi menyentuh MA 60, namun indikator RSI yang sudah overbought membuat emas bisa saja terkoreksi sewaktu – waktu. Hari ini emas diprediksi bergerak di kisaran 1755 – 1785.

 

Grafik 4 jam dan harian 

image.png

image.png


DISCLAIMER: KONTEN ARTIKEL BERSIFAT SPEKULATIF DAN TIDAK MENJAMIN, PASTIKAN BATAS RISIKO YANG BISA DITANGGUNG SEBELUM EKSEKUSI PASAR.