Emas Akhirnya Mengakhiri Minggu lalu Melemah Setelah Imbal hasil Treasury Amerika dan Index Dolar Kembali Menguat

Peluang : Sideways Open Sell : 1851.00 Target Profit : 1828.00 Stop Loss : 1856.00 Estimasi Profit/lot : $ 2300

Analisa Fundamental

Emas akhirnya ditutup melemah, setelah dua hari berturut – turut menguat pasca pengumuman kenaikan suku bunga The fed 0.75%. Emas berhasil menguat selama dua hari setelah investor justru dalam jangka pendek menjadikan emas sebagai safe haven untuk dua alasan, yang pertama sebagai alat hedging terhadap inflasi di Amerika yang tampil masih sangat tinggi, selain itu yang kedua, munculnya kekhawatiran di kalangan investor bahwa kenaikan agresif suku bunga Amerika justru akan membuat perlambatan ekonomi yang membuat pelaku pasar sesaat beralih ke safe haven tradisional. Namun index dollar dan imbal hasil treasury Amerika mulai kembali beranjak naik setelah dua hari berturut – turut mengalami pelemahan, artinya pelaku pasar nampaknya mulai kembali beralih ke aset – aset berbasis Dollar. Sementara itu Presiden Bank Federal, Atlanta, Raphael Bostic, bahwa The Fed saat ini berperang terhadap inflasi dan akan melakukan segala upaya untuk mengembalikan tingkat normal di 2%.

 

Analisa Teknikal

Grafik harian XAUUSD belum memberikan gambaran yang cukup jelas tentang arah yang dominan, namun time frame mingguan membentuk pola bearish enguilfing. Indikator RSI juga saling berdekatan, begitupula dengan 3 time frame MA yang berjarak dekat menandakan emas dalam fase konsolidasi. Hari ini emas diprediksi bergerak di kisaran 1828- 1856.

 

Grafik 4 jam dan harian 

image.png

image.png


DISCLAIMER: KONTEN ARTIKEL BERSIFAT SPEKULATIF DAN TIDAK MENJAMIN. PERHATIKAN SEMUA RISIKO YANG TERLIBAT SEBELUM EKSEKUSI PASAR.