Emas Kembali Mencoba Mengetes Support Kuat di Level 1850, Faktor Fundamental The Fed dan Lockdown China Masih Menekan Harga Emas

Peluang : Sideways Open Sell : 1876.00 Target profit : 1850.00 Stop Loss : 1882.00 Estimasi Profit/Lot : $ 2600

Analisa Fundamental

Emas kembali melemah mencoba untuk menguji level 1850 kedua kalinya, dipicu oleh beberapa faktor. Faktor yang paling utama adalah kenaikan suku bunga The Fed yang kedepannya masih akan menetapkan kenaikan 50 basis point setidaknya hingga dua kali pertemuan selanjutnya, dan kenaikan di setiap pertemuan hingga akhir tahun. Selain itu  lockdown China membuat kekhawatiran akan turunnya demand terhadap komoditi membuat emas juga mengalami tekanan. Saat in faktor yang masih mendukung emas adalah munculnya faktor safe haven dari kondisi perang Russia dan ukraina, ataupun kekhawatiran terhadap resesi yang membuat investor melakukan hedging atau diversifikasi di komoditi emas.

 

Analisa Teknikal

Grafik harian XAU USD kembali mencoba mengetes support kuat di 1850, dimana kondisi RSI masih menunjukkan di area bearish walau mulai terbentuk kondisi divergensi dengan grafik harga. Rebound jangka pendek berpotensi terjadi apabila ternyata emas gagal menembus 1850 dan menguat hingga level 1915, yang berpotensi membuat pola double bottom. Untuk hari ini meas diprediksi bergerak di kisaran 1850 - 1882.

 

Grafik 4 jam dan harian 

image.png

image.png


DISCLAIMER: KONTEN ARTIKEL BERSIFAT SPEKULATIF DAN TIDAK MENJAMIN