Data ISM Manufacturing Amerika yang Bagus Menjadi Pemicu Emas Terkoreksi, Walaupun Kembali Tertahan Oleh pernyataan Anggota FOMC

Peluang : Sideways

Peluang          : Sideways

Open Sell       : 1904.00

Target Profit  : 1885.00

Stop Loss      : 1910.00

Profit / Lot      : $ 1900

 

Analisa Fundamental

Emas sedikit terkoreksi setelah sempat menyentuh level 1916. Pelemahan emas terjadi setelah data ISM Manufacturing Amerika tampil cukup bagus di angka 61.2 di atas prediksi 60.8. Bagusnya data Amerika ini membuat spekulasi tentang pembahasan pengurangan pembelian asset pada pertemuan The Fed mendatang semakin menguat. Namun emas kembali sedikit menguat setelah pernyataan anggota FOMC, Lael Brainard mengatakan, bahwa walaupun terdapat kemajuan dalam pertumbuhan tenaga kerja dan peningkatan inflasi, namun The Fed masih harus mempertahankan kebijakan yang super longgar ini sampai terdapat kemajuan yang lebih banyak lagi.

 

Analisa Teknikal

Dalam grafik harian, emas terlihat agak sideways dalam 5 hari terakhir  dan beberapa indikator seperti RSI dan stochastic sudah sangat overbought, serta membentuk pola divergensi dengan grafik candlestick, maka potensi koreksi pada emas masih terbuka. Hari ini emas masih akan  berpotensi bergerak di kisaran 1882-1905.

 

Grafik 4 jam dan harian

image.png

image.png

[Disclaimer: Konten artikel hanya bersifat spekulatif dan tidak menjamin. ]