Pidato Joe Biden Dihadapan Kongres Mempromosikan Paket Pengeluaran $1,8 Triliun

Pidato Biden

Presiden Joe Biden menandai hari ke-100-nya menjabat dengan pidato pertamanya dihadapan Kongres yang menggunakan pidatonya di televisi nasional untuk mempromosikan paket pengeluaran $1,8 triliun.


Jika Kongres menyetujui rencana tersebut, maka hal itu akan memberikan prasekolah universal, dua tahun perguruan tinggi komunitas gratis, $225 miliar untuk perawatan anak dan pembayaran bulanan setidaknya $250 kepada orang tua.


Presiden juga menyampaikan visi kehidupan pasca pandemi secara nasional.


Pasar sudah dalam risk-on mengikuti pertemuan suku bunga Federal Reserve hari ini di mana pernyataan tersebut sedikit lebih bullish, mencatat "kemajuan vaksinasi dan dukungan kebijakan yang kuat" telah mendukung lapangan kerja.


Namun, pengurangan (tapering) awal tidak dapat dilakukan yang membantu mendukung aset risiko utama.


S&P 500 sempat naik ke rekor tertinggi harian setelah Ketua Fed Jerome Powell mengatakan dalam konferensi pers bahwa "belum waktunya" untuk membahas pengurangan dukungan Fed untuk pemulihan ekonomi.


Catatan Penting

Biden mengatakan masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk melawan Covid, kita tidak bisa lengah – teks pidato


Biden mengatakan AS akan melawan praktik perdagangan yang tidak adil seperti subsidi untuk perusahaan milik negara dan pencurian teknologi dan IP AS.


Biden mengatakan dia mengatakan kepada presiden Tiongkok Xi bahwa AS akan mempertahankan kehadiran militer yang kuat di Indo-Pasifik, seperti halnya dengan NATO di Eropa.


Biden meminta Kongres untuk meloloskan upah minimum $15 per jam.


Biden mengatakan dia menjelaskan kepada Presiden Rusia Putin bahwa AS tidak mencari eskalasi, tetapi tindakan mereka memiliki konsekuensi.


Biden meminta kongres untuk mengesahkan RUU reformasi polisi bulan depan, peringatan 1 tahun kematian George Floyd.


Biden mengatakan dia akan bekerja sama dengan sekutu AS untuk mengatasi ancaman yang ditimbulkan oleh program nuklir Iran dan Korea Utara "melalui diplomasi dan pencegahan keras".


Biden mengatakan ancaman teroris paling mematikan bagi tanah air AS hari ini adalah dari terorisme supremasi kulit putih.


Biden mengatakan Kongres harus mengeluarkan sesuatu tentang imigrasi meskipun itu bukan proposal lengkapnya.


Biden menyerukan kepada AS untuk membuat "badan proyek penelitian lanjutan untuk kesehatan" guna mencegah dan mengobati penyakit seperti kanker, Alzheimer.


Biden menyerukan kongres untuk memperpanjang kredit pajak anak hingga setidaknya akhir 2025.


Biden mengatakan dia akan melakukan segala daya untuk melindungi orang Amerika dari "epidemi kekerasan senjata," tetapi kongres harus bertindak juga.


Biden mengatakan sudah waktunya bagi perusahaan Amerika dan satu persen orang terkaya Amerika untuk "membayar bagian yang adil".


Biden mengatakan Kongres perlu mengesahkan undang-undang tahun ini untuk melindungi para pemimpi.