AUD/USD Melorot Tajam Menuju 0,7700 Karena IHK Kuartal 1 Australia Suram

AUD/USD menerima penawaran jual untuk hari kedua berturut-turut.

By FXSTREET

AUD/USD berpijak di tanah licin dekat 0,7730, turun 0,45% intraday, setelah angka inflasi Australia mengecewakan pedagang selama Rabu pagi. Yang juga berkontribusi pada kelemahan pasangan aussie adalah pesimisme seputar penarikan stimulus dan penguatan dolar AS.


Indeks Harga Konsumen (IHK) kuartal pertama Australia (Kuartal 1) turun di bawah perkiraan 0,9% dan sebelum 0,6% krtl/krtl sementara juga tetap di bawah ekspektasi pasar 1,4% ke 1,1% thn/thn. Selanjutnya, IHK RBA Rata-rata Dipangkas mengikuti pengaturan tersebut sementara tetap di bawah perkiraan dan pembacaan sebelumnya.


Sebelumnya pada hari ini, lembaga pemeringkat global Fitch mengatakan, "Penarikan kredit bank sentral dan langkah-langkah QE menimbulkan risiko paling serius bagi pasar kredit Australia selama 12 bulan ke depan." Di sisi lain, Westpac menyebutkan, "Kami memperkirakan bahwa RBA akan melanjutkan program Quantitative Easing (QE) dengan program ketiga senilai $100 miliar (QE3), yang akan dimulai pada minggu pertama bulan September."


Pasar global tetap lesu menjelang keputusan kebijakan moneter Federal Reserve AS (Fed). Namun, perbincangan seputar langkah-langkah stimulus Presiden AS Joe Biden, termasuk yang sudah disahkan, dalam proses dan akan diusulkan, tampaknya mendukung dolar AS pada saat berita ini ditulis. Dengan demikian, indeks dolar AS (DXY) naik untuk hari kedua berturut-turut, menguat sebesar 0,12% dalam intraday di sekitar 90,98.


Perlu dicatat bahwa kehati-hatian pra-Fed bergabung dengan kesengsaraan bersama dari Asia dan vaksinasi yang tidak merata di Barat akan membebani Sentimen. Namun, harapan akan komentar optimis dari Komite Pasar Terbuka Federal (Federal Open Market Committee/FOMC), peluncuran vaksin yang lebih tinggi dan rencana perjalanan yang mudah dari AS, Eropa, dan Inggris melawan penjual pasar.


Di tengah drama ini, Kontrak berjangka S&P 500 mencetak kenaikan tipis dan begitu pula saham di Australia. Lebih lanjut, imbal hasil Treasury AS 10-tahun berhenti di sekitar 1,62% setelah reli terbesar dalam enam minggu.


Selanjutnya, AUD/USD mungkin menyaksikan pergerakan lamban selama jeda perdagangan khas pra-Fed. Namun, pemulihan dolar AS mungkin mempertahankan perhatian ke sisi atas.


Analisa teknikal

Kecuali melewati level acuan 0,7800, AUD/USD kemungkinan akan turun menuju pertemuan garis support naik dua minggu dan SMA 50-hari, di sekitar 0,7720.