Faktor Teknikal dan Kondisi Darurat yang Diterapkan di Jepang Karena Pandemi Covid Akhirnya Membuat JPY Melemah

Peluang : Sideways

Peluang          : Sideways

Open Buy       : 108.000

Target Profit  : 108.600

Stop Loss      : 107.500

Profit/Lot        : $ 600

 

Analisa Fundamental

Yen Jepang sedikit melemah terhadap Dolar AS setelah pertemuan Bank of Japan baru-baru ini, meskipun bank sentral membiarkan pengaturan kebijakan moneternya tidak berubah. BoJ mempertahankan target suku bunga obligasi pemerintah jangka waktu 10 tahun stabil di sekitar 0%, dan mempertahankan tingkat suku bunga di -0,1%.


Wabah Covid di Jepang yang mengakibatkan pemerintah memberlakukan kondisi darurat nampaknya mulai mempengaruhi JPY. Pernyataan Keadaan Darurat di Tokyo, Osaka, Kyoto, dan Hyogo telah diterapkan sebagai tanggapan atas terus meningkatnya kasus Covid-19.


Peluncuran vaksin yang lamban menunjukkan hanya 1,4% dari populasi Jepang yang telah menerima setidaknya satu dosis vaksin virus korona, jauh lebih rendah daripada tingkat vaksinasi yang terlihat di Inggris (49,6%), AS (41,9%) dan UE (21,4%).

 

Analisa Teknikal

USDJPY walaupun rebound namun masih tetap dalam pola Downtrendline, namun tertahan dalam usaha menuju target EMA 100 di level 107.500 an. RSI masih sangat bearish di 43. Untuk stochastic saat ini masih di area oversold. Resistan saat ini ada di 108.600

 

Grafik 4 jam dan harian

image.png

image.png

[Disclaimer: Konten artikel hanya bersifat spekulatif dan tidak menjamin. ]