Swiss Franc Melemah Ditengah Krisis Hubungan Amerika - Eropa

Hari ini diprediksi pair USDCHF akan berada dalam range kisaran 0,9497 – 0,9555

Analisa FXSTREET

Meruncingnya konflik antara Amerika Serikat dan negara di kawasan Eropa terutama Jerman, berawal dari project Nord Stream 2 yang merupakan project pemasangan pipa dari Rusia ke Jerman. Kerjasama kedua negara dalam penyediaan gas alam Ini, tentunya membuat Amerika Serikat mulai mempertanyakan dana iuran Jerman untuk NATO yang kurang dari 2%, sehingga Amerika Serikat berencanaakan menarik 9.500 pasukan keamanannya dari kawasan Eropa.

 

Keadaan ini tentunya menimbulkan protes dari Pemerintah Jerman dan kongres Amerika. Dari perdagangan, hubungan kedua negara kembali meruncing karena Amerika akan menerapkan kenaikan tariff barang import dari Eropa, dan Jerman tentunya merupakan negara yang paling terpukul karena negara tersebut pengekspor mobil mewah ke negeri Paman Sam.

 

Saat ini semua negara di dunia berusaha melemahkan mata uangnya akibat serangan pandemic virus covid-19, dimana The Fed telah melakukan pembelian obligasi tidak hanya dipasar primer tetapi dipasar sekunder.

 

Demikian halnya juga dengan ECB yang melakukan QE senilai 1,35 trilliun Euro dan akan terus menambahkan program stimulusnya jika diperlukan sampai 2 tahun kedepan. Para pelaku pasar saat ini sudah mulai melihat jumlah angka kematian akibat covid-19 yang pertambahannya relatif tidak terlalu signifikan, sehingga resiko akan terjadinya penguncian, relatif menjadi kecil di berbagai negara di dunia termasuk Amerika Serikat.

 

Efek Terhadap Pasar

Program stimulus terjadi disemua negara didunia termasuk di benua Eropa. Dengan meningkatnya eskalasi konflik antara Amerika dan Jerman maka mata uang benua Eropa akan terpengaruh termasuk mata uang Swiss Frank yang dapat melemah kedepannya terhadap mata uang US Dollar.

 

Ekspektasi Pasar

Hari ini diprediksi pair USDCHF akan berada dalam range kisaran 0,9497 – 0,9555

 

Trading Plan :

Buy limit 0,9485 – 0,9497 dengan target 0,9555 – 0,9589

 

Grafik USDCHF Time Frame Daily

image.png