Pembeli Emas Terlihat Akan Dapatkan Kembali Kendali Di Atas $1.700

Harga emas melanjutkan pullback dari level terendah satu minggu di $1,717.34, naik hari sebelumnya, menjadi saat ini sekitar $1,727.40 selama sesi Asia hari Jumat. Meskipun pemulihan dolar AS tampaknya membatasi kenaikan logam kuning, peningkatan peselisihan AS-Tiongkok dan virus corona (COVID-19) m

Harga emas melanjutkan pullback dari level terendah satu minggu di $1,717.34, naik hari sebelumnya, menjadi saat ini sekitar $1,727.40 selama sesi Asia hari Jumat. Meskipun pemulihan dolar AS tampaknya membatasi kenaikan logam kuning, peningkatan peselisihan AS-Tiongkok dan virus corona (COVID-19) membuat permintaan safe-haven bullion emas batangan tetap utuh.

Menyusul peringatan tidak langsung Tiongkok ke AS, dari Kongres Rakyat Nasional ke-13, pergolakan antara dua ekonomi top dunia itu meningkat sementara memasukkan masalah Hong Kong sebagai poin tambahan.

Sementara para diplomat dari Tiongkok siap untuk menghadapi segala gangguan dalam masalah "pribadi" dan/atau tuduhan mereka atas penyebaran virus, para pembuat kebijakan AS menahan diri untuk mundur. Baru-baru ini, Pemimpin Mayoritas Senat AS McConnell mengatakan bahwa tindakan keras Tiongkok lebih lanjut terhadap Hong Kong akan meningkatkan minat Senat dalam memeriksa kembali hubungan AS-Tiongkok.

Pada catatan yang berbeda, mata uang utama Asia menurunkan target pertumbuhan ekonominya, 6-6,5% untuk PDB pada tahun 2019, selama laporan kepada Kongres Rakyat Nasional, sesuai dengan Bloomberg. Ini meningkatkan ketidakpastian pasar dan menunjukkan bahwa Tiongkok sangat khawatir PDB mengecewakan, yang pada gilirannya mendukung permintaan safe-haven logam.

Di tempat lain, gelombang virus 2.0 juga menantang para pembuat kebijakan global untuk memikirkan kembali keputusan mereka dalam memulai kembali ekonomi. Namun, Presiden AS Donald Trump baru-baru ini mengatakan ia tidak akan menutup perekonomian selama putaran kedua virus itu.

Di tengah semua katalis ini, imbal hasil Treasury 10-tahun AS tetap di bawah 0,70% sementara NIKKEI Jepang berjuang untuk mendapatkan arah di sekitar 20.560 pada saat berita ini ditulis.

Mengingat kurangnya data/peristiwa utama pada kalender ekonomi, kecuali untuk BOJ, pedagang bullion dapat mengawasi katalis kualitatif untuk arahan baru.

Analisis teknis

Kegagalan untuk menutup di bawah level SMA 21-hari di $1.715 membuat logam kuning diarahkan ke puncak bulanan di sekitar $1.765,40. Meskipun demikian, penembusan ke sisi bawah mungkin akan mengarah ke area sub level $1.700.