Emas Akhiri Kenaikan Dua Hari Beruntun Yang Merosot Di Bawah $1.750

Meskipun memantul rendah intraday di $1.742,80, Emas mencetak penurunan sebesar 0,20% saat bergerak ke $1.745 di tengah awal sesi perdagangan pada hari Kamis. Dengan melakukan itu, emas batangan membentak rentetan kemenangan dua hari sebelumnya karena dolar AS memantul kemba

Meskipun memantul rendah intraday di $1.742,80, Emas mencetak penurunan sebesar 0,20% saat bergerak ke $1.745 di tengah awal sesi perdagangan pada hari Kamis. Dengan melakukan itu, emas batangan membentak rentetan kemenangan dua hari sebelumnya karena dolar AS memantul kembali dari rendah multi-hari di tengah risiko reset.

Selain berita Washington Post yang menunjukkan lebih lanjut drama AS-Tiongkok, cuitan terbaru Presiden AS Donald Trump juga menunjukkan perbedaan yang lebih luas antara dua ekonomi utama dunia itu.


Juga yang memberikan tekanan negatif pada risiko bisa jadi adalah jumlah virus corona global yang baru-baru ini melampaui angka lima juta. Lebih penting lagi, peningkatan kasus-kasus di Amerika Utara meragukan harapan awal untuk memulai kembali ekonomi dan membebani sentimen perdagangan.

Bisa dikatakan, imbal hasil Treasury 10-tahun AS turun 1,3 basis poin (bps) menjadi 0,67% sedangkan kontrak berjangka S&P 500 mencatat penurunan sebesar 0,51% dan NIKKEI Jepang memangkas kenaikan awal menjadi +0,15% pada saat berita ini ditulis.


Di sisi lain, indeks dolar AS (DXY), ukuran greenback versus mata uang utama mencatat kenaikan sebesar 0,20% ke 99,37 sementara memantul dari terendah sejak 01 Mei.

Meskipun tidak ada data/acara utama yang ada untuk dipublikasikan selama sesi Asia, angka aktivitas awal untuk bulan Mei dapat menawarkan sesi AS yang sibuk nanti malam.


Analisis teknis

Kecuali jika berhasil menembus resistance horizontal jangka pendek di sekitar $1,752/54, harga emas cenderung untuk menyegarkan puncak bulanan $1,765,38. Akibatnya, penjual cenderung menargetkan $1.740 sebagai support terdekat selama penurunan lebih lanjut menjelang 200-HMA di sekitar $1.726/25,50.