Trading di zona flat ( datar )

Bagi beberapa Trader, mungkin bermasalah untuk memutuskan strategi ketika pasar memasuki zona “bimbang” ( konsolidasi ). Perhatikan zona datar horizontal seperti pada grafik H1 EUR / CAD di bawah ini.

Bagi beberapa Trader, mungkin bermasalah untuk memutuskan strategi ketika pasar memasuki zona bimbang ( konsolidasi ). Perhatikan zona datar horizontal seperti pada grafik H1 EUR / CAD di bawah ini.

image.png

Petunjuk untuk mengidentifikasi pergerakan pasar masa depan adalah menempatkan masing-masing zona tersebut terhadap level support atau resistance yang sesuai.

 

Pada grafik di atas, area persegi panjang abu-abu menunjukkan sektor pergerakan horizontal antara level support 1.4586 dan level resistance 1.4642.

 

Zona 1 berisi zona datar tepat di sisi garis resistance. Zona ini dibentuk oleh konsolidasi pasar jangka pendek. Bagi banyak pedagang ini akan menjadi pertanda break dan kelanjutan dari tren bullish. Namun, pada kenyataannya, justru kebalikannya: flat macet di garis resistance menghasilkan penurunan tajam. Oleh karena itu, mereka yang mengambil posisi sell pada Zona 1 akan mendapat manfaat dari penurunan yang tidak terduga ini.

 

Zona 2 berisi zona datar serupa tetapi sebagai area support. Bagi sebagian orang ini akan ditafsirkan sebagai saat menunggu untuk melihat grafik bergerak lebih jauh ke bawah, tetapi justru sebaliknya. Tepat setelah Zona 2 EUR/USD memulai pergerakan naik menembus level resistance dan mencapai ketinggian zona baru.

 

Tampaknya cukup mudah untuk menentukan zona-zona ini, tetapi terkadang situasi tidak begitu jelas. Anda harus ingat bahwa pasar bisa bergerak dua arah. Itu sebabnya penting untuk mendapatkan konfirmasi tambahan dari indikator lain, pola grafik, atau grafik candelstick. Misalnya, jika indikator MACD atau Awesome Oscillator membentuk bearish / divergence bullish, sudah waktunya untuk pembalikan harga. Mari kita lihat lebih dekat.

 

Gambar di bawah ini menunjukkan Zona 1 dari grafik awal yang sama. Kita melihat di sini pasar berkonsolidasi di level resistance utama dan kenaikan lambat pada zona resistance yang ditandai oleh garis coklat. Indikator MACD yang sesuai dengan sektor yang sama menunjukkan penurunan bertahap yang ditandai oleh garis cokelat lainnya. Kedua garis dalam kombinasi menciptakan divergensi bearish yang dilihat sebagai pertanda dari pembalikan bearish pasar. Situasi ini dapat dilihat di bawah ini, sehingga disarankan untuk open sel di Zone 1.

image.png 

 

Zona 2 perhatikan pada gambar berikutnya. grafik menunjukkan zona datar tepat di atas level support, seolah-olah pasar sedang hening sejenak untuk mengumpulkan kekuatan dan memutuskan ke mana arah trend. Level resistance di 1.4601 untuk zona khusus ini. Ketika bar bullish di akhir zona terlihat menembus level resistance ini, artinya pasar berniat untuk kembali naik. Oleh karena itu, disarankan untuk membuka posisi buy di Zona 2.

 image.png


Kesimpulan

Sekarang kita dapat menyatakan bahwa konsolidasi pasar pada level resistance atau support sering  menjadi indikator bangkit kembali dari level yang sesuai. Zona datar pada level resistance menunjukkan potensi pergerakan bearish, sementara zona datar pada level support menunjukkan potensi pergerakan bullish. Oleh karena itu, kami open beli di level support saat konsolidasi dan open jual di level resistance saat konsolidasi.